Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Mitos atau Fakta: Betis Membesar Karena Sering Jalan Kaki
10 Februari 2018 16:00 | 2319 hits

DREAMERS.ID - Cara apapun mau tak mau dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal sesuai keinginan masing-masing. Tidak sedikit dari mereka yang beranggapan bahwa seringnya berjalan kaki mampu membuat betis terlihat lebih besar. Benarkah begitu?

Pada dasarnya, berjalan kaki dapat membuat otot kaki terpacu untuk digerakkan. Bukan membesarkan betis kaki, melainkan aktivitas tersebut bisa mengencangkan otot bagian bawah.

"Tentu kita jalan menggunakan otot kaki. Pastinya jadi kencang dan secara fisiologis olahraga itu enggak mungkin membuat betis besar," ungkap Spesialis Kesehatan Olahraga, dr. Michael Triangto SpKO kepada Okezone.

Selain seringnya berjalan kaki, banyak orang yang masih berasumsi bahwa bersepeda juga memicu pembesaran betis. Akibatnya mereka enggan dan jadi malas untuk mengendarai sepeda karena takut bagian bawah tubuh menjadi membesar.

Baca juga: Sering Mengetik Hingga Hal Lebih Serius Lainnya yang Bisa Sebabkan Kesemutan

"Lagi-lagi, kalau latihan sepedanya berat itu ya bisa bikin betis besar. Tapi contohnya saja abang becak, setiap hari dia mengayuh becak, enggak ada kan yang betisnya besar banget," ujarnya.

Bersepeda dengan intensitas rendah seperti untuk jalan-jalan sore atau mengunjungi Car Free Day setiap minggu, tak akan membuat betismu membesar. Tapi kalau kamu melakukan latihan yang cukup berat, tentu bisa memicu pembesaran otot betis.

Jadi, anggapan masyarakat yang selama ini dipercaya hanyalah mitos. Demi kesehatan tubuh, kamu harus mulai meluangkan sedikit waktu untuk bersepeda dan berjalan kaki ringan setidaknya 30 menit setiap hari. Selain menjaga kebugaran, peredaran darah akan semakin lancar dan mampu mengurangi stres lho!^^

(ysm)

(ysm/Hijabkeren.com)

SUBSCRIBES
'info kesehatan'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio