Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Hal Tak Terduga Ini Bisa Jadi Penyebab Sering Menguap Meski Tak Mengantuk
10 Februari 2018 08:00 | 2498 hits

DREAMERS.ID - Saat merasa bosan atau tubuh perlu mendapat istirahat, biasanya reaksi sederhana yang dikeluarkan oleh tubuh adalah dengan menguap. Namun ada juga saat di mana kita sering menguap tapi mengantuk bukan menjadi alasannya.

Ternyata, menguap bisa disebabkan oleh banyak hal dan bahkan bisa menjadi gejala berbagai penyakit lho! Melansir dari laman Bold Sky, berikut adalah beberapa hal tak terduga yang bisa menyebabkan menguap.

1. Masalah lever
Jika sering menguap selama beberapa waktu padahal sama sekali tidak mengantuk, coba lakukan tes atau uji kesehatan lever. Sebab masalah lever juga biasanya ditandai dengan seringnya menguap.

2. Multiple sclerosis
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang menderita Multiple Sclerosis atau MS juga akan menderita disfungsi thermoregualtory atau ketidakmampuan untuk mengontrol suhu tubuh mereka sehingga pada akhirnya akan sering membuat mereka menguap.

Baca juga: Sering Mengetik Hingga Hal Lebih Serius Lainnya yang Bisa Sebabkan Kesemutan

3. Masalah otak
Alasan lain kenapa sering menguap biasanya disebabkan oleh radang otak yang terjadi saat seseorang mengalami stroke ringan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa menguap berlebihan adalah gejala dari pasien yang mengalami peradangan di batang otak mereka.

4. Epilepsi
Keseringan menguap juga bisa menjadi tanda epilepsi. Sebab gangguan kesehatan ini akan menyebabkan otak mengirimkan sinyal yang abnormal sehingga dapat membuat menguap secara berlebihan.

5. Efek samping obat
Beberapa jenis obat yang diresepkan mampu membuat tubuh merasa lelah dan merasa bahwa energi terkuras, sehingga kita akan sering menguap. Jenis obat-obatan yang biasanya membuat mengantuk adalah yang mengandung SSRIs (selective serotonin reuptake inhibitors) atau antihistamines.

6. Gangguan tidur
Dalam banyak kasus, salah satu alasan mengapa orang sering menguap adalah karena mengalami gangguan tidur yang membuat tubuh kurang tidur. Kurang tidur ini akan membuat seseorang menguap saat terjaga. Jadi agar tidak sering menguap, coba perbaiki pola tidur yang baik.

(fzh)

SUBSCRIBES
'info kesehatan'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio