Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Manfaat Kesehatan di Balik Hobi Unik 'Rock Balancing'
07 Februari 2018 12:00 | 1346 hits

DREAMERS.ID - Netizen belakangan ini tengah ramai membicarakan fenomena ‘rock balancing’. Tak hanya sekadar seni dalam menyusun batu dengan memperhatikan faktor keseimbangan, namun hobi unik juga ternyata menyimpan manfaat kesehatan.

Melansir dari Detik, dr Frandy Susatia, SpS, dari RS Siloam Kebon Jeruk, mengatakan bahwa rock balancing atau stone balancing merupakan kegiatan yang cukup bermanfaat untuk pengidap tremor (tangan bergetar) karena maslh syaraf. "Jadi rock balancing itu kan butuh kesabaran dan konsentrasi tinggi. Karena menyusun batunya kan pakai tangan, jadi membantu melatih kontrol tangannya (yang bergetar)," ujarnya.

Rock balancing merupakan kegiatan yang menyusun batu-batu dari alam, biasa dilakukan di sungai ataupun pegunungan. Terdapat beberapa gaya rock balancing yang populer, seperti rock stacking yang menyusun batu secara vertikal.

Baca juga: Sering Mengetik Hingga Hal Lebih Serius Lainnya yang Bisa Sebabkan Kesemutan

Ada pula classic balance, di mana dua batu disusun secara horizontal dan saling menyangga dalam posisi yang berdampingan. Gaya lainnya adalah gaya bebas, di mana batu-batu dipadukan sesuka hati namun membentuk susunan yang menarik.

dr Frandy mengatakan karena butuh konsentrasi tinggi dan kesabaran, rock balancing juga baik bagi mereka yang memiliki masalah emosi. "Jadi ini latihan bagi otak, karena melatih konsentrasi, kesabaran sekaligus emosi. Ini hobi yang baik dan memiliki manfaat bagi kesehatan," tambahnya lagi.

(fzh)

SUBSCRIBES
'info kesehatan'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio