Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Ini Jam Makan yang Tepat Jika Ingin Dapat Manfaat Kesehatannya
02 Oktober 2017 12:00 | 1560 hits

DREAMERS.ID - Menjaga berat badan agar tetap ideal dan sehat di waktu yang bersamaan memang membutuhkan usaha. Banyak ‘aturan’ yang harus dipatuhi untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan cantik dari luar serta sehat dari dalam.

Salah satu faktor yang bisa menambah berat badan adalah porsi makan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga banyak pelaku diet yang mengurangi jumlah makanan demi menurunkan bobot badan. Padahal waktu makan juga berpengaruh lho.

1. Sarapan

Waktu yang paling ideal untuk menyantap sarapan adalah satu jam setelah bangun tidur. Ini adalah waktu yang optimal untuk memecahkan periode 'puasa' antara makan malam sebelumnya dan pagi hari. Sarapan di waktu ini akan merangsang metabolisme.

Seperti yang diketahui, menunda atau melewatkan sarapan justru bisa menghambat penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa lapar dan menyebabkan asupan kalori yang berlebihan sepanjang hari.

Baca juga: Tak Sekedar Cegah 'Salah Bantal', Ini Pentingnya Posisi Tidur yang Tepat

2. Makan siang

Sedangkan jam makan siang yang ideal adalah pada pukul 13:00 atau jam 1 siang. Kita disarankan untuk memberi jarak setidaknya 4 jam setelah sarapan untuk makan siang. Sangat penting sekali untuk tak menunda makan siang karena bisa  menyebabkan penurunan kadar gula tubuh yang menyebabkan lemas.

3. Makan malam

Untuk makan malam, waktu terbaik adalah setidaknya 3 jam sebelum tidur. Makanan membutuhkan waktu untuk dicerna, makan terlalu dekat  dengan waktu tidur meningkatkan gula darah dan insulin, mempengaruhi pelepasan hormon pertumbuhan, dan mempengaruhi pembakaran lemak alami saat tidur malam.

(fzh)

SUBSCRIBES
'info kesehatan'
Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio