Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
'Aturan Main' Make-up Cantik dan Aman untuk Si Pengguna Softlens
16 Juli 2017 10:00 | 5483 hits

DREAMERS.ID - Di zaman sekarang, wanita lebih memilih pakai softlens ketimbang kacamata lantaran lebih praktis dan tak menganggu penampilan. Selain ada cara bermake-up untuk si pengguna kacamata, pemakai aktif soft lens pun juga memiliki 'aturan main' tersendiri saat merias wajah khususnya daerah mata.

Menggunakan make-up saat berlensa kontak berisiko mengundang timbulnya iritasi mata. Misalnya bubuk eyeshadow yang tak sengaja masuk kedalam soft lens. Untuk itu, simaklah beberapa langkah penting berikut ini mengenai aplikasi make-up tanpa menimbulkan iritasi di mata melansir laman Allure.

1. Cuci tangan

Sebelum menempelkan soft lens di mata, pastikan untuk mencuci tangan sebersih mungkin. Tak lupa untuk mengeringkannya terlebih dulu untuk memudahkan pemasangan soft lens. Hal ini penting dilakukan karena air keran berpotensi mengundang parasit jenis Acanthamoeba yang berbahaya bagi mata. Jadi, jangan biarkan lensa kontak atau wadahnya terkena air keran.

2. Pakai produk oil-free

Berhati-hatilah dalam memilih produk make-up sekitar mata. Walaupun tak berbahaya pada mata, kandungan minyak yang sering terdapat di eyeshadow dan eyeprimer bisa membuat permukaan lensa menjadi keruh. Kandungan soft lens yang diselimuti banyak air ini dengan mudahnya menarik minyak dan akan membuat penglihatan dari lensa tampak buram.

3. Jauhi mata dari produk lid-ledge

Baca juga: Berencana Liburan Tetap Cantik? Simak Tips Menyimpan Make-up untuk Bepergian Ini

Lid-ledge adalah bagian dari kelopak mata yang bersentuhan dengan permukaan bola mata. Didalamnya terdapat kelenjar minyak mata yang apabila terhalangi oleh produk make-up, akan mengakibatkan mata kering, soft lens kotor, dan infeksi mata. Untuk itu, tidak dianjurkan menggunakan eyeliner pada kelopak mata saat pakai soft lens.

4. Pilih maskara

Bulu mata lentik sangat disukai oleh para wanita. Namun, saat menggunakan soft lens sebaiknya menghindari penggunaan maskara yang mengandung fiber (serat) berlebih. Kandungan ini mudah ditemukan pada maskara waterproof karena bisa menahan lentikan bulu mata lebih lama.

Serat-serat berlebih tersebut dapat jatuh ke dalam mata dan terperangkap di bawah lensa. Hal ini akan membuat mata menjadi kurang nyaman. Kamu tetap bisa menggunakan maskara, tapi pilihlah yang no waterporoof lantaran kandungan seratnya hampir tidak ada.

5. Rajin membersihkan soft lens

Bagian mata sangatlah sensitif apalagi ditambah dengan penggunaan soft lens. Selain membersihkannya dengan cairan pembersih setelah dipakai, bersihkan pula wadah serta tutup lensa kontak agar terhindar dari bakteri dan kuman yang berujung pada masalah infeksi mata.

(ysm/Hijabkeren.com)

SUBSCRIBES
'make-up'
Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio