Dreamland
>
Forum
>
Langkah Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ketika Remaja

Langkah Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ketika Remaja

teknolife on 02 November 2017 13:14 | 447 hits | 7 replies
SIGN IN TO REPLY
posts : 103
reputation : 1

Sebagai orang tua tentunya perlu memberikan banyak pelajaran penting bagi anak sehingga bisa menjadi pribadi yang baik dan bisa sukses sesuai harapan orang tuanya, namun hal ini perlu dilakukan selalu tidak peduli anak sudah menginjak usia berapa pun. Karena tentunya orang tua harus selalu memberikan pembelajaran dan nasehat kepada anak tidak peduli anak sudah dewasa atau tidak terutama masih remaja harus banyak diberi nasehat dan pengertian. Hal ini juga termasuk mengenai pembelajaran kecerdasan emosional pada anak yang memang sangat penting bagi anak agar tidak mudah mengeluarkan emosi negatif dan tidak bisa mengatasinya sendiri.

empati anak

Karena tentunya anak yang sudah memasuki usia remaja akan mulai mencari jati dirinya sendiri sehingga orang tua sangat perlu untuk mengajarkan kecerdasan emosional ini kepada anak setiap saat. Ini dilakukan tentu saja dengan tujuan agar anak yang sudah memasuki usia remaja ini dapat mengontrol emosinya sendiri dan tidak mudah terpancing emosinya sehingga terjerumus ke arah yang salah. Cara menyampaikannya juga harus sedikit berbeda sehingga apa yang diajarkan dapat didengarkan dan dilakukan dengan baik oleh anak dan membuat emosionalnya dapat diatur sendiri tanpa masalah baru. Dan berikut ini beberapa langkah dari Wyeth Parenting dalam mendidik sekaligus meningkatkan kecerdasannya yang satu ini agar dapat tumbuh dengan kemampuan mengontrol emosinya dengan baik.

1. Tingkatkan empati terhadap orang lain

Memiliki empati tinggi sangat penting bagi seorang manusia yang selalu melakukan hubungan sosial, dan hal ini harus diajarkan dengan baik oleh orang tuanya agar anak selalu mampu bersosialisasi dengan baik. Dengan memiliki empati, anak lebih memahami bagaimana perasaan dan emosi orang lain sehingga dirinya sendiri bisa belajar untuk mengontrol emosi jika terjadi hal yang sama. Yang terpenting adalah orang tua harus selalu mengarahkan anak untuk berbuat baik kepada siapapun dan menolong orang yang tengah membutuhkan bantuan untuk menumbuhkan empati ini.

2. Belajar berhubungan dengan orang lain

Masih sangat berhubungan dengan hal diatas dimana orang tua harus membuat anak belajar untuk membangun hubungan sosial dengan orang lain agar bisa mengembangkan emosinya sendiri. Karena pastinya anak akan mengenal orang baru dalam hidupnya dan semakin belajar bagaimana mengatur emosinya agar bisa menjalin hubungan baik dengan orang tersebut.

3. Berikan motivasi pada anak

Selalu memotivasi anak untuk menjadi pribadi yang baik dan bisa sukses adalah hal yang penting untuk dilakukan agar menunjukkan bahwa orang tua selalu mendukung kegiatan anak. Berikan pujian kepada anak ketika melakukan hal baik dan patut dibanggakan dan jangan mudah menyalahkan anak dalam sebuah kesalahan sehingga emosinya tidak menjadi negatif karena merasa terus disalahkan.

Demikian beberapa langkah yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dari anak yang sudah menginjak usia remaja agar memiliki sikap yang dibutuhkan sebagai orang yang bermanfaat.

02 November 2017, 13:14
0
0
posts : 1
reputation : 0

Parents should always provide learning and advice to children no matter children have grown up or not, especially teenagers should be given a lot of advice and understanding. A lot pressure put on kids at the age of teenager when parents limit them almost in everything until they show them  that homework is done. Parents do not care that each teacher sets difficult tasks and a lot of boring writings among them at home. parents should be more understanding and if they see that kids cannot handle work load they can at least help them by addressing do my essay academic services for help.

19 Desember 2017, 16:50
0
0
posts : 2
reputation : 0

Parents never are wrong they were the child before but not there kids they are experienced so that's why they can not guide wrong you as a Write my essay cheap for me on parents then you will understand it read about them then you know how much they care about you.

24 Maret 2018, 12:47
0
0
posts : 2
reputation : 0

We have to make a hd Animated explainer videos so parents can know the problems well.

04 April 2018, 13:43
0
0
posts : 28
reputation : 1
yayyyy!
04 Mei 2018, 12:48
0
0
posts : 1
reputation : 0

Thank you for posting such a great article! I found your website perfect for my needs. It contains wonderful and helpful posts. Keep up the good work!. Thank you for this wonderful Article!  five nights at freddy's

16 Juni 2018, 11:01
0
0
posts : 31
reputation : 0

Posts shared useful information and meaningful life, I'm glad to be reading this article and hope to soon learn the next article. thank you



Vex 3

21 Februari 2019, 11:24
0
0
posts : 2
reputation : 0

The article you have shared here very good. This is really interesting information for me. Thanks for sharing! instagram video downloader



 

27 Februari 2019, 10:14
0
0
1
CURRENT ISSUE
FANBASE CORNER
COMMUNITY CORNER
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
EMAIL US
FOLLOW US
dreamersradio