Dreamland
>
Berita
>
Article

Heboh Awan Mirip Tsunami Muncul di Langit Aceh, Ini Penjelasan BMKG

10 Agustus 2020 17:15 | 880 hits

DREAMERS.ID - Warga Aceh, khususnya yang berada di Aceh Barat dan Nagan Raya dihebohkan dengan fenomena awan mirip gelombang tsunami di langit pada Senin (10/8) pagi. Foto dan video yang diabadikan warga pun langsung viral di media sosial.

Awan tersebut muncul dalam bentuk yang sangat besar dan warna gelap, dengan siluet yang menyerupai gelombang tsunami. Tentu membuat warga panik mengingat trauma dari tsunami besar di tahun 2006 lalu masih jelas dirasakan.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh, Zakaria, menjelaskan bahwa itu adalah awan Arcus bagian dari awan Cumulonimbus yang membentuk gulungan ombak.

Baca juga: Ratusan Warga Rohingya Tiba Di Pesisir Aceh Ditolak Warga, Ini Alasannya

Awan Cumulonimbus memiliki ciri khas tinggi, padat, dan besar yang mana menjadi pembawa badai petir, hujan, dan cuaca dingin lainnya. Warga pun diminta tidak panik namun tetap waspada, khususnya nelayan agar tidak melaut.

Lebih lanjut menurut Zakaria, awan tersebut bisa menimbulkan angin kencang, hujan lebat disertai kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es. "Bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat," katanya.

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio