Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Berita
>
Article

Kesaksian Warga Berastagi Saat Gunung Sinabung Erupsi Senin Pagi

10 Agustus 2020 16:15 | 573 hits

DREAMERS.ID - Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi pada Senin (10/8) pagi. Erupsi ini dilaporkan membuat seluruh kota Berastagi gelap karena abu vulkanik pekat yang dimuntahkannya.

Dilansir dari laman Liputan6, erupsi Gunung Sinabung terjadi pukul 10.16 WIB. Seorang warga bernama Bobby menceritakan bahwa awalnya terdengar suara gemuruh dan disusul hujan abu. Tidak hanya gelap, tetapi akses jalan juga tertutup.

"Akibat abu pekat, pengguna jalan terganggu.. Suara gemuruh tadi kami dengar, ternyata Sinabung kembali erupsi. Abunya sampai sini (Berastagi). Hujan abu vulkanik masih terjadi di Berastagi," ujar Bobby.

Mengutip Kompas, tinggi kolom abu yang dimuntahkan Gunung Sinabung teramati kurang lebih 5,000 meter di atas puncak atau sekitar 7,460 meter di atas permukaan laut. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal berdasarkan pantauan Pos Pengamatan Gunung Sinabung Badan Geologi dan PVMBG.

Saat ini, Gunung Sinabung ditetapkan berada pada status tingkat III atau siaga. Masyarakat lokal maupun wisatawan diimbau tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi. Warga juga harus menjauh dan tidak berada di radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio