Dreamland
>
Berita
>
Article

[BREAKING NEWS] Harimau di Amerika Dinyatakan Positif Virus Corona

06 April 2020 10:10 | 1147 hits

DREAMERS.ID - Untuk pertama kalinya kasus penularan virus corona atau COVID-19 ke hewan dilaporkan. Lebih tepatnya di Kebun Binatang Bronx di New York City, Amerika Serikat.

Disebut pertama kali karena penularan dari manusia ke hewan yang sampai membuat hewan itu sakit. Via Kumparan, harimau Malaya berusia 4 tahun bernama Nadia itu mengalami gejala corona, yaitu batuk kering. Gejala serupa dialami oleh tiga harimau dan tiga singa lainnya di kebun binatang tersebut.

Namun pihak kebun binatang hanya memeriksa Nadia yang memiliki gejala paling parah. Menurut pernyataan Wildlife Conservation Society yang menangani pemeriksaan hewan di Bronx, Nadia terlihat sakit dan kehilangan napsu makan. 

Nadia menjalani pemeriksaan X-ray, ultrasound, dan cek darah. Tes COVID-19 kemudian dilakukan terhadap Nadia, mengingat New York merupakan episentrum corona di AS. Hasilnya, Nadia positif terjangkit virus corona.

Sebelumnya, sebenarnya manusia sudah pernah beberapa kali menularkan virus corona ke hewan namun hewan-hewan tersebut tidak sampai sakit. Nadia dan harimau lainnya di kebun binatang itu pun diprediksi akan segera sembuh. 

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

"Ini pertama kalinya kami ketahui di dunia seseorang menulari hewan dan hewan itu sakit," ujar Paul Calle, kepala dokter hewan di Kebun Binatang Bronx, seraya mengatakan hasil penelitian mereka akan dibagikan ke kebun binatang lainnya. 

"Kami berharap temuan ini akan menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam soal kasus ini," kata Calle lagi. 

Calle menduga Nadia tertular dari penjaga kebun binatang yang mengidap COVID-19 namun tanpa gejala. Belum diketahui siapa yang menulari hewan-hewan di tempat tersebut. 

AS saat ini merupakan negara dengan penderita corona terbanyak di dunia, lebih dari 337 ribu orang, dengan angka kematian 9.600 lebih. Di Negara Bagian New York sendiri ada 122 ribu penderita dengan 4.159 kematian.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio