Dreamland
>
Berita
>
Article

Jokowi-AHY Akan Jadi Favorit Masyarakat Jika Benar Bersanding di Pilpres 2019?

14 Maret 2018 10:20 | 2081 hits

DREAMERS.ID - Meski belum mendeklarasikan diri, Presiden Joko Widodo sudah banyak disandingkan dengan beberapa tokoh untuk maju kembali dalam Pemilu Presiden 2019 tahun depan. Yang paling santer berkembang adalah Jokowi dengan anak Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Yudhoyono.

Bukan tanpa alasan karena hubungan Presiden Jokowi dengan Partai Demokrat dinilai tengah mesra. Terlebih, peluang Jokowi dengan elektabilitas tinggi di pilpres dianggap patut dimanfaatkan oleh Demokrat.

Meski masih sebatas wacana, sejumlah pengamat politik sudah memiliki kalkulasinya sendiri soal peluang jika Jokowi-AHY benar berpasangan nanti. Salah satunya adalah Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan duet Jokowi-AHY adalah pasangan yang ideal dan saling menguntungkan.

"Dari dulu SBY sudah ngasih sinyal dan koding bahwa AHY ingin sekali digandeng Pak Jokowi," kata dia mengutip Detik.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Namun belum tentu mudah terjadi karena pencalonan cawapres juga dipengaruhi oleh partai pendukung yang pasti masing-masing akan memberikan kadernya untuk dipilih Jokowi. Soal survei, sejumlah lembaga juga menunjukkan elektabilitas Jokowi lebih tinggi jika dipasangkan dengan AHY daripada jika disandingkan dengan tokoh lain.

Poltracking, misalnya, menyebut duet Jokowi-AHY unggul 43 persen jika melawan Prabowo Subianto-Anies Baswedan dengan elektabilitas 30,9 persen. Jokowi-AHY juga menang 50,9% jika diadu dengan duet Gatot Nurmantyo-Anies Baswedan yang elektabilitasnya 13,1%.

Sementara hasil survei Indo Barometer menunjukkan, jika Jokowi disandingkan dengan AHY elektabilitasnya mencapai 38,6 persen. Angka ini lebih tinggi dibanding jika Jokowi disandingkan dengan tokoh lainnya seperti: Gatot Nurmantyo, Ridwan Kamil, Tito Karnavian, Budi Gunawan dan Puan Maharani.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio