Dreamland
>
Artis
>
Article

Big Hit Rilis Pernyataan Resmi Terkait Penggunaan Sample Kontroversial di Mixtape Suga BTS

31 Mei 2020 19:30 | 1560 hits

DREAMERS.ID - Big Hit Entertainment merilis pernyataan resmi terkait penggunaan sample yang kontroversial dalam lagu ‘What Do You Think?’. Track tersebut merupakan salah satu lagu dari album mixtape terbaru Suga BTS alias Agust D ‘D-2’ yang rilis pada 22 Mei lalu.

Sample tersebut merupakan bagian dari pidato tahun 1977 yang diberikan Jim Jones, seorang pemimpin aliran sesat Amerika yang bertanggung jawab atas pembunuhan massal-bunuh diri di komune terpencil yang dikenal sebagai ‘Jonestown’.

Dalam pernyataannya pada 31 Mei, Big Hit mengatakan, “Sample vokal pidato dalam intro lagu ‘What Do You Think?’ pada mixtape dipilih tanpa maksud tertentu oleh produser yang mengerjakan track tersebut, yang tidak mengetahui identitas pembicara dan menggunakan sample untuk atmosfir keseluruhan lagu.”

Baca juga: Film Konser Suga BTS Menjadi yang Terlaris di Seluruh Dunia Tahun Ini

“Setelah sample pidato dipilih, perusahaan mengikuti proses internal kami dan melakukan prosedur untuk meninjau kesesuaian konten. Namun, dalam proses pemilihan dan peninjauan, kami melakukan kesalahan karena tidak mengenali ketidaktepatan konten dan memasukkan sample dalam lagu.”

“Big Hit Entertainment memiliki proses untuk meninjau konten beragam yang ditargetkan untuk audiens global untuk masalah sosial, budaya, dan historis yang potensial. Namun, kami mengalami kenyataan bahwa ada batasan untuk memahami dan merespons dengan tepat untuk setiap situasi. Dalam hal ini, kami tidak dapat mengenali masalah sebelumnya dan menunjukkan kurangnya pemahaman tentang masalah historis dan sosial yang relevan. Kami mohon maaf kepada mereka yang merasa tidak nyaman atau terluka karena ini.”

Lebih lanjut, agensi menyatakan bahwa mereka telah menghapus bagian dari lagu tersebut dan merilis ulang versi baru. “Sang artis juga merasa malu dan sangat bertanggung jawab atas masalah yang muncul di bidang yang tak ia pertimbangkan. Big Hit Enertainment akan menggunakan kejadian ini sebagai pelajaran untuk melakukan proses produksinya secara lebih menyeluruh,” tutup pernyataan Big Hit.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio