Dreamland
>
Artis
>
Article

Benarkah BTS Menderita Impostor Syndrome?

24 November 2020 10:00 | 3930 hits

DREAMERS.ID - Dengan prestasi dan popularitas yang mereka dapat hingga saat ini, BTS sering disebut sebagai grup pop No. 1 di dunia. Namun bukan berarti bahwa mereka tak memiliki ketakutan tersendiri.

Majalah Esquire mengatakan bahwa bahkan dengan kerja keras yang dilakukan BTS hari demi hari dan puluhan juta fans yang memuja mereka, para member masih menderita ‘impostor syndrome’ atau sindrom penyemu atau penipuan.

Impostor syndrome adalah pola psikologis di mana seseorang meragukan keterampilan, bakat, atau pencapaian mereka dan terus menerus merasa takut dianggap sebagai "penipu". Terlepas dari bukti eksternal kompetensi mereka, orang dengan sindrom ini akan tetap yakin bahwa mereka adalah penipu dan tidak pantas atas kesuksesan yang mereka capai.

Baca juga: BTS Meluncurkan Inisiatif Kesehatan Mental #OnMyMind Bersama UNICEF

Bukti kesuksesan mereka tersebut diatributkan pada keberuntungan, waktu yang tepat, atau sebagai hasil menipu orang lain, hingga berpikir bahwa orang lain lebih cerdas dan kompeten dibandingkan dirinya.

RM menjelaskan, “Aku pernah mendengar bahwa ada yang namanya kompleks topeng ini. 70 persen dari orang-orang yang disebut sukses memiliki ini, secara mental. Pada dasarnya begini, ada topeng di wajahku. Dan orang-orang ini takut kalau seseorang akan melepaskan topeng ini. Kami juga memiliki ketakutan itu.”

“Tapi tadi aku bilang 70 persen, jadi menurutku itu sangat wajar. Terkadang itu adalah syarat untuk sukses. Manusia tidak sempurna, dan kita memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan ini. Dan salah satu cara untuk mengatasi semua tekanan dan beban ini adalah dengan mengakui bayang-bayang,” imbuhnya.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio