Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Simak Tips Liburan Aman dari Covid-19 untuk Long Weekend Ini

27 Oktober 2020 17:45 | 592 hits

DREAMERS.ID - Long Weekend pada akhir bulan Oktober segera tiba, sebagian orang mungkin merencanakan berpergian keluar rumah. Bersamaan dengan libur panjang, Satgas Covid-19 yang diwakili Reisa Broto Asmoro memberikan tips liburan yang aman dari virus corona.

"Bagi mereka yang sudah merencanakan dengan matang dan ada agenda penting atau berpikran staycation, perhatikan tips berikut," kata Reisa dalam keterangan persnya dari Kantor Presiden pada Senin (26/10/2020).

Dilansir dari Kompas.com, hal yang harus dipersiapkan untuk liburan yang aman:

1. Setiap orang yang akan berlibur untuk mengecek kesehatan diri sendiri dan keluarga

2. Pilihlah hotel dan akomodasi yang menerapkan standar kesehatan tinggi.

Baca juga: Ayo Cek dan Catat Lagi Perubahan Cuti Bersama Lebaran 2023 Yang Jadi 7 Hari!

3. Hindari kontak fisik dengan orang lain dan hindari bepergian ke tempat ramai.

Reisa juga mengingatkan agar membawa alat-alat pribadi sehingga resiko penularan dari barang juga bisa dihindari. "Bawa perlengkapan pribadi sendiri, termasuk handuk, peralatan mandi, makan, peralatan ibadah, disinfektan tangan, dan cadangan masker," jelasnya.

Masukan yang sama diberikan oleh Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Dr dr Tri Yunis Miko Wahyono, MSc, bagi masyarakat yang mau berpergian harus benar-benar direncanakan secara matang.

"Kita harus tahu kita pergi ke mana. Kalau kita berada di kabupaten atau kota zona hijau itu aman tidak ada kasus Covid-nya. Kita mau pergi ke zona merah? Sebaiknya dihindari karena mau apapun kita ke sana punya risiko tinggi untuk tertular Covid-19," kata dr Miko dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB.

(rnd)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio