Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Jangan Asal Pilih, Ini 4 Bahan Aktif yang Direkomendasikan Untuk Kulit Berjerawat

14 Agustus 2020 20:15 | 1140 hits

DREAMERS.ID - Jerawat masih menjadi masalah kulit yang terkadang sulit untuk diatasi. Bahkan tak jarang jerawat kembali muncul kembali, dan meninggalkan bekas.

Bekas luka yang terbentuk saat jerawat menembus kulit dalam dapat merusak jaringan di bawahnya. Ada beberapa jenis bekas jerawat seperti, bekas luka atrofi (depresi atau ke dalam), bekas luka hipertrofik (bekas luka timbul) dan noda hitam atau perubahan warna pada titik-titik jerawat.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini merupakan bahan aktif yang direkomendasikan yang terdapat dalam produk perawatan kulit, terutama yang memiliki masalah jerawat.

1. Salicylic Acid

Asam salisilat atau salicylic acid merupakan senyawa alami yang sering ditemukan pada produk khusus perawatan kulit berjerawat. Dilansir dari Medical News Todaysalicylic acid membantu membersihkan pori-pori dari kotoran, sel kulit mati, dan kotoran lain penyebab jerawat.

Baca juga: Tips Mengecilkan Pori-pori Bekas Jerawat dengan Bahan yang Ada di Rumah

Bahan ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan di area tersebut sehingga meminimalkan kemunculan jaringan parut. Namun untuk jenis kulit sensitif, sebaiknya di uji terlebih dahulu pada area kecil sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Hal ini dikarenakan kandungan asamnya dapat mengakibatkan kekeringan atau iritasi.

2. Alpha Hydroxy Acids (AHAs)

Alpha Hydroxy Acids (AHAs) dapat digunakan untuk semua jenis bekas jerawat. Komponen ini terdapat pada produk perawatan kulit berjerawat dan berfungsi untuk mengangkat lapisan kulit mati dan mencegah penyumbatan pori. AHAs juga dapat membuat bekas jerawat tersamarkan.

AHAs sendiri merupakan bahan eksfoliasi yang berfungsi untuk mengikis lapisan kulit bagian luar sehingga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat terutama noda hitam. Eksfoliasi juga akan membuat kulit tampak lebih segar dan halus.

3. Lactic Acid

Lactic acid erat berkaitan dengan bekas luka akibat jerawat. Dilansir dari Healthline, sebuah studi kecil pada tahun 2010 menemukan eksfoliasi dengan lactic acid tiap dua minggu sekali selama tiga bulan dapat memperbaiki tampilan kulit, mengurangi pigmentasi dan menyamarkan bekas jerawat.

4. Retinoid

Retinoid dinilai mampu mempercepat regenerasi sel kulit dan memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan perubahan warna kulit dan bekas jerawat. Namun, kamu juga harus selalu menggunakan sunscreen karena retinoid membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

(Rie127)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio