Dreamland
>
Berita
>
Article

Kata Pihak Bekasi yang Dituding Jadi Penyumbang Sampah di Muara Angke oleh Gubernur Anies

20 Maret 2018 11:21 | 1229 hits

DREAMERS.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuding Kabupaten Bekasi sebagai penyumbang tumpuan sampah di Muara Angke. Hal itu diungkapkannya saat kunjungan ke hutan mangrove Muara Angke yang menyatakan sampah di sana disumbangkan juga oleh wilayah tetangga seperti Bekasi dan Tangerang.

Melansir Tempo, Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Sugiono mengatakan, pemerintah pernah membuat jaring sampah di sekitar bendung Bekasi.

"Tapi jebol, karena sampah bukan hanya dedauan, tapi ada kasur juga," katanya, Senin, 19 Maret 2018.

Sampah tersebut mengalir dari Kali Bekasi sampai ke laut utara di Babelan. Menurut Sugiono, sampah banyak bermunculan di Kali Bekasi ketika curah hujan tinggi. Ia mengatakan sampah tersebut juga berasal dari wilayah hulu Kabupaten Bogor. Hal ini beralasan karena aliran tersebut berasal dari Kali Cikeas dan Cileungsi.

Baca juga: Momen ‘Guncangan’ Prabowo Ke Anies, ‘Kalau Kontestasi Tidak Keras Namanya Bukan Pilihan Rakyat’

"Potensi sebagian sampah berasal dari Kabupaten Bogor," ujarnya.

Pemerintah Kota Bekasi sudah berupaya membersihkan sampah di Kali Bekasi melalui tim pembersih yang dibentuk sejak empat tahun lalu. Selain membersihkan, tim juga memantai pencemaran.

Bagian hilir Kali Bekasi berada di Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) di Babelan lalu menuju ke laut. Ada pula Kali Citarum yang hilirnya di perairan Muara Gembong, dengan hulu di wilayah Jawa Barat bagian selatan.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio