Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Penerus Android Oreo, Intip Bocoran Fitur Baru dari Android P

05 Maret 2018 14:08 | 2696 hits

DREAMERS.ID - Google telah merilis sistem operasi (OS) generasi kedelapan atau versi 8.0, Android Oreo pada tahun lalu. Meski pengaplikasiannya belum banyak dan merata pada smartphone Android, tapi sudah saatnya bagi perusahaan teknologi raksasa ini untuk mempersiapkan penerusnya.

Merujuk pada kebiasaan Google yang menamai OS sesuai urutan abjad, maka versi selanjutnya akan diawali dengan huruf P. Berdasarkan bocoran terbaru, Google menargetkan agar Android P bisa dirasakan oleh para pengembang (versi Preview) pada pertengahan Maret ini.

Melansir laman Detik, informasi ini diungkap oleh Evan Blass yang dikenal sebagai pembocor ulung.  "Android P Developer Preview 1 ditargetkan rilis pertengahan bulan," tulis Blass melalui akun Twitter pribadinya @evleaks.

Baca juga: WhatsApp Android Bakal Punya Fitur Keamanan Baru Mirip iPhone

Belum ada informasi nama apa yang akan digunakan oleh Google. Namun perusahaan asal Mountain View, California, AS, itu memiliki kebiasaan menamai OS Android dengan nama kue atau camilan. Ada pihak yang mengatakan bahwa huruf 'P' itu adalah Pie.

Namun menurut bocoran sebelumnya yang dikutip dari Engadget, Android P bakal memiliki kemampuan soal keamanan. Sistemnya bakal mencegah aplikasi yang mencurigakan untuk mengakses kamera dan mikrofon ponsel. Hal itu dilakukan ketika ada sebuah malware yang bisa merekam suara latar atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Kemudian Android P juga bakal mendukung notch (tonjolan) di layar yang saat ini sudah mulai bermunculan di smartphone Android beserta fitur multiple screen. Namun sayangnya, fitur Dark Mode yang sebelumnya sempat dinantikan, belum ditemukan di versi ini.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio