Dreamland
>
Berita
>
Article

Efek Kecelakaan Proyek Tol Becakayu: Seluruh Proyek Infrastruktur Indonesia Dihentikan

20 Februari 2018 14:02 | 1425 hits

DREAMERS.ID - Heboh kecelakaan robohnya girder pada tiang penyangga proyek pembangunan infrastruktur di Jakarta. Tepatnya di proyek Tol Becakayu, Jakarta Timur pada Selasa pagi, tujuh orang pekerja dilaporkan luka-luka.

Dari hasil penyelidikan awal, box girder Tol Becakayu ambruk karena tak kuar menahan konstruksi saat pengecoran. Melansir Liputan6, Breket timber atau penyangga cor terlepas saat proses pengecoran berlangsung.

Kasus ini mendapat sorotan terutama soal arahan dari Presiden Jokowi yang meminta proyek infrastruktur dikebut dan dinilai seperti kejar setoran. Terlebih karena sebelumnya juga terjadi insiden di terowongan Kereta Bandara yang menimpa sebuah mobil dan menewaskan satu orang.


Image source: Merdeka

Dampak dari hal tersebut diambil tindakan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono yang tak tanggung-tanggung menghentikan sementara proyek infrastruktur di seluruh Indonesia.

Baca juga: Bayar Tol Jadi 0 Detik! Kapan Bisa Terealisasi?

"Semua proyek yang membutuhkan pekerjaan berat dan elevated mulai hari ini kami hentikan, baik itu pembangunan tol trans Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua,” ujar Basuki di UGM Yogyakarta, Selasa (20/2).

Selain jalan, Kementerian PUPR juga menghentikan sementara proyek pembangunan jembatan-jembatan panjang. Audit mendetail akan dilakukan dan fokus pada keselamatan kerja. Basuki juga akan mengundang Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, serta seluruh pengelola tol untuk membahas proses audit pada Selasa siang.

Dilaporkan, sepanjang dua tahun terakhir ada 13 kecelakaan yang menyebabkan robohnya infrastruktur pendukung jalan di mana kasus terakhirnya adalah robohnya girder Tol Becakayu di Jakarta.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio