Dreamland
>
Berita
>
Article

Ribuan Orang Tak Punya Rumah, Pohang Korsel Diumumkan Jadi Zona Bencana 'Spesial'

24 November 2017 14:24 | 1494 hits

DREAMERS.ID - Presiden Moon Jae In diketahui melakukan kunjungan kejutan ke daerah terdampak gempa hebat di Korea Selatan, Pohang. Kini ada keputusan baru yang didapat dari pertemuan sang presiden dengan kepala sekretarisnya.

Menurut laman Chosun Ilbo, Pemerintah Negeri Gingseng mengumumkan jika Pohang bagian Tenggara pelabuhan Pohang menjadi ‘Zona Spesial Bencana’ atau special disaster zone, di mana lebih dari 1.300 orang tak memiliki rumah.

“Pemerintah akan melakukan semua yang bisa dilakukan untuk mempercepat perbaikan dan memastikan ujian tahunan masuk universitas (pada Kamis kemarin) bisa dilaksanakan  tanpa ada kemunduran,” kata Presiden Moon, Selasa (21/11) lalu.


Tenda-tenda di GOR Pohang untuk para pengungsi gempa (Chosun Ilbo)

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Setelah mendapat status tersebut, Pohan akan menerima 64.5% dari total bantuan dari pemerintah pusat sebagai daerah yang paling parah terkena dampak gempa. Plus, warganya diberi pengurangan pembayaran pajak, dan dibebaskan dari tagihan telepon, listrik, gas hingga pemanas ruangan.

Sebelumnya, Pohang mengalami gempa besar yang sangat langka untuk Korea Selatan, mengingat daerah Semenanjung Korea sangat jarang terkena tremor. Korsel bagian Tenggara itu berkekuatan 5.4 Skala Richter.

Mungkin tidak tergolong besar, jika terjadi di dasar laut. Namun gempa ini terjadi di daratan dan hanya berpusat di kedalaman 9 kilometer dari permukaan bumi. Getaran gempa pun dirasakan di sejumlah wilayah Korsel termasuk Seoul sebagai ibu kota.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio