Dreamland
>
Berita
>
Article

Rentetan Ratusan Dokumen Terbaru Osama bin Laden yang Dirilis CIA

02 November 2017 12:00 | 1130 hits

DREAMERS.ID - Salah satu badan intelijen Amerika Serikat yaitu CIA merilis ratusan ribu dokumen dari penggerebekan yang menewaskan pimpinan Al-Qaeda, Osama bin Laden pada tahun 2011 silam. Salah satu yang dirilis adalah jurnalis pribadi Osama.

Melansir CNN via Detik, Direktur CIA Mike Pompeo memberikan penjabaran maksud dan tujuan mengapa dokumen yang begitu banyak disiarkan ke publik. Data-data ini bisa diakses di website resmi CIA.

"Perilisan hari ini dari surat-surat, video, dokumen audio dan material Al-Qaeda lainnya memberikan kesempatan pada rakyat Amerika untuk mendapatkan pandangan soal rencana dan cara kerja organisasi teroris ini. CIA akan terus mencari kesempatan untuk membagi informasi dengan rakyat Amerika, sejalan dengan kewajiban kami melindungi keamanan nasional," ucap Pompeo dalam pernyataannya. 

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Dari sebuah komputer yang disita militer AS pada penggerebekan 2011 itu, terdapat koleksi film kartun anak, film Hollywood dan tiga film dokumenter tentang Osama bin Laden sendiri. Film tersebut adalah animasi ‘Antz’ dan ‘Cars’ juga video game ‘Final Fantasy VII’.

 Reuters juga menyebutkan, hampir sekitar 470 ribu dokumen ditemukan dalam komputer yang disita di Abbottabad, Pakistan itu. Dokumen lainnya adalah pembahasan mengenai perencanaan dan promosi di Al-Qaeda.

Namun CIA menyebutkan, masih ada beberapa dokumen yang ditahan dan tidak dipublikasikan karena dianggap membahayakan keamanan nasional atau dilindungi hak cipta.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio