Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

20 Oktober 2017 23:00 | 4057 hits

DREAMERS.ID - Menurunkan berat badan tidak harus dengan berdiet ketat atau olahraga rutin. Menjaga asupan makan dan berolahraga memang penting untuk menjaga kesehatan, tapi jika kamu ingin menurunkan berat badan, perlu memperhatikan hal-hal lainnya.

Salah satunya adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Menurut sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam sebuah buku berjudul ‘Zero Belly Diet’, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan yang bisa dilakukan sebelum tidur, melansir New York Times.

1. Minum teh

Teh ampuh untuk menunda rasa lapar di malam hari, sehingga tak akan khawatir lapar di tengah malam. Beberapa teh yang baik diminum sebelum tidur adalah chamomole, lavender, dan valerian. Teh jenis ini benar-benar memiliki sejumlah kandudngan mirip obat penenang.

2. Mint

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa mint. Karena mint memiliki kemampuan untuk menekan kelenjar ludah dan rasa lapar. Jika tidak ada, menyalakan lilin dengan aroma mint segar di kamar tidur juga bisa dilakukan. Hal ini akan membantu kamu untuk tidak lapar.

3. Jauhi dapur

Godaan untuk makan akan sangat besar kalau kamu pergi dapur sebelum tidur, apalagi jika mencium aroma-aroma lezat dari makanan atau bumbu dapar. Jadi sebisa mungkin jauhi area dapur sebelum tidur.

4. Mandi air hangat

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Mandi dengan air hangat setelah beraktivitas seharian bisa membuat tubuh rileks dan mengendurkan otot-otot yang kaku. Dengan kondisi tubuh yang santai, kamu pun bisa tidur dengan pulas.

5. Jangan olahraga berat di malam hari

Ini jelas akan mengacaukan tubuh kamu. Biasanya para pria cenderung berolahraga di malam hari, baik itu futsal, badminton, atau sekadar pegi ke tempat gym. Padahal, kegiatan itu akan memicu tubuh untuk bekerja lebih keras di jam yang sebenarnya dapat digunakan untuk beristirahat setelah bekerja.

6. Jangan main gadget sebelum tidur

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Menchester, cahaya yang muncul dari gadget dapat menggangu produksi melatonin pada tubuh. Seperti yang diketahui, melatonin adalah hormon penting yang membuat tubuh tidur pulas sehingga pembakaran lemak terjadi dengan baik. Jadi usahakan matikan semua gadget beberapa jam sebelum tidur.

7. Tidur di kamar yang gelap

Agar tidur bisa nyenyak, sangat dianjurkan dalam kondisi ruangan yang gelap. Jika kamu tidur di dalam ruangan yang memiliki lampu terang maka kualitas tidur kamu akan berkurang. Pasalnya mata tidak akan sepenuhnya beristirahat.

Matikan semua hal yang dapat mengeluarkan cahaya. Tidur saat gelap, tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Hormon tidak hanya membuat kamu mengantuk, namun dapat membantu membakar lemak.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio