Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Simak Cara Sehat Tambah Berat Badan Bagi Si Kurus

23 Juli 2017 12:00 | 2369 hits

DREAMERS.ID - Di saat sebagian orang ada yang ‘mati-matian’ ingin menurunkan berat badan, beberapa orang justru mengalami kesulitan untuk menambah bobot tubuhnya. Ada beberapa orang yang tidak percaya diri dengan berat badan di bawah normal alias kurus ini.

Namun sama seperti menurunkan berat badan, menambah berat badan juga gampang-gampang susah. Prinsip menambah berat badan memang dengan menambah porsi makan, walau begitu perlu dilakukan dengan tepat dan sehat agar berat badan ideal dapat dicapai. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menambah berat badan bagi si kurus menurut spesialis gizi klinik dr. Stella Evangeline Bela.

1. Analisa kesehatan fisik

Stella mengatakan jika orang yang sulit menaikkan berat badan perlu melakukan analisa kesehatan fisik, terutama pola makannya. "Dianalisa dulu apakah cukup makannya, benar enggak makannya, isinya seperti apa," ujarnya.

2. Asupan kalori

Baca juga: Begini Cara Kerja Permen Karet Bantu Turunkan Berat Badan

Jika ingin menambah berat badan, yang harus ditambah adalah kalori. Caranya dengan mengasup apa yang mudah dikonsumsi, contohnya susu. Namun Stella juga menambahkan jika tidak cukup hanya pagi dan malam, tapi paling tidak setiap porsi makan ditambah susu. Sedangkan untuk jenisnya, boleh susu khusus yang tinggi protein atau yang tinggi kalori.

3. Cek kondisi saluran pencernaan

Selain pola makan, perlu dicek juga kondisi saluran pencernaannya. Untuk mengetahui ada tidaknya masalah, perlu dilakukan pemeriksaan feses. "Terkadang ada yang mengalami malabsorpsi, jadi makanan tidak bisa diserap. Kondisi saluran cerna itu bisa dianalisa dari kotoran," katanya.

4. Hormon

Faktor lain yang harus diperiksa adalah hormonal. Gangguan hipertiroid menurut Stella merupakan salah satu penyebab berat badan sulit bertambah. Orang yang mengalami hipertiroid selain cenderung bertubuh kurus, juga memiliki gejala lain seperti mata melotot, sering berdebar-debar, atau keringat dingin.

(fzh/Kompas)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio