Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Sosok Remaja Cantik di Balik Emoji Hijab yang Baru Dirilis Apple

20 Juli 2017 11:00 | 2359 hits

DREAMERS.ID - Dalam rangka memperingati Hari Emoji Sedunia yang jatuh pada tanggal 17 Juli lalu, Apple memperkenalkan beberapa emoji baru yang akan tersedia di sistem operasi iOS 11. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah hadirnya emoji wanita mengenakan jilbab.

Rupanya di balik penciptaan emoji hijab ini ada sosok remaja asal Arab Saudi bernama Rayouf Alhumedhi yang memulai ide tersebut. Dilansir dari Independent, gadis 16 tahun tersebut ingin memiliki emoji yang mirip dengannya dan juga jutaan wanita (berhijab) dari ras berbeda di seluruh dunia.


Rayouf Alhumedhi (Image: CNN)

Rayouf mengatakan bahwa pertama muncul ide membuat emoji wanita berhijab saat ia merasa bingung ketika mengobrol di WhatsApp bersama teman-temannya. Ia mengatakan tak ada emoji yang mewakili muslimah. "Jelas tidak ada emoji yang mewakili saya dan 550 juta wanita muslim di bumi ini,” katanya kepada CNN.


Desain emoji hijab yang diusulkan Rayouf (Image: Unicode)

Baca juga: Apple Hadirkan Emoji Masker Tersenyum

“Dengan jumlah orang sebanyak itu masa tidak ada satu pun emoji yang mewakili mereka. Saya menyadari bahwa banyak wanita berhijab yang menggunakan media sosial," paparnya. Akhirnya ia mengusulkan model emoji baru bergambar wanita berhijab tahun lalu kepada The Unicode Consortium, perusahaan nirlaba yang mengulas dan mengembangkan emoji-emoji terbaru. Usulan gadis yang kini tinggal di Jerman ini diterima dan dikembangkan.

Apple pun menerima emoji wanita berhijab itu dan telah diresmikan bertepatan dengan World Emoji Day. Perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino tersebut mengumumkan kalau emoji wanita berhijab akan menjadi salah satu koleksi karakter emoji baru yang tersedia di perangkat Apple akhir tahun ini.


Desain final emoji hijab Apple (Image: Apple)

"Saya melihat begitu banyak ide, warna, dan gaya yang berbeda. Saya sangat senang dengan tampilannya," katanya. Rayouf pun berharap dengan emoji ini bisa meredakan stigma negatif di masyarakat. Ia hanya ingin masyarakat dunia melihat wanita berhijab sama seperti wanita lainnya bukan sebagai tanda penindasan atau ketakutan.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio