Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kaki Sering Bengkak saat Naik Pesawat

10 Juli 2017 20:32 | 3450 hits

DREAMERS.ID - Efek dari bepergian dengan pesawat kadang sering muncul keluhan kaki yang membengkak, terutama jika menempuh perjalanan yang cukup lama. Pembengkakan dapat terlihat jika penumpang selesai mengistirahatkan kaki selama perjalanan ingin memakai alas kaki kembali.

Alasan pertama, melansir Travel and Leisure, jangan dulu panik karena ternyata fenomena tubuh tersebut sangatlah normal. Kondisi ini secara teknis disebut ‘gravitational oedema’, yaitu fenomena tubuh yang tidak menyebabkan rasa sakit.

Karena pada kenyataannya, ketika kita berada di pesawat cukup lama, cairan dalam tubuh akan merembes atau turun ke bagian bawah tubuh. Hal ini yang menyebabkan kaki menjadi bengkak sementara.

Baca juga: Heboh, 4 Anak Berhasil Bertahan Hidup di Hutan Amazon Pasca Kecelakaan Pesawat Cessna 206!

Lebih lanjut, efek ini disebutkan hanya bertahan dalam jangka waktu yang pendek. Dan pada umumnya kaki akan kembali normal beberapa saat setelah dibawa jalan turun dari pesawat. Namun ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menghindari efek ini.

Salah satunya adalah hindari duduk menyilangkan kaki dan regangkan kaki hingga lutut sesering mungkin. Bahkan berjalanlah setiap beberapa waktu sekali, terutama jika penerbanganmu makan waktu hingga berjam-jam. Namun pastikan kondisi cuaca baik dan tanda pasang sabuk pengaman tidak menyala ya, Dreamers.

Hindari pula minuman alkohol selama perjalanan, lebih baik perbanyak minum air putih. Dan usahakan lakukan olahraga ringan saat sampai di tempat istirahat seperti hotel agar tidak menyebabkan cedera otot karena tubuh lama tidak ‘digunakan’ selama penerbangan.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio