Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Mengikuti Tren, Apple Buat Sendiri Aplikasi Mirip Snapchat

28 Maret 2017 23:00 | 2765 hits

DREAMERS.ID - Aplikasi berbagi foto dan video yang menyematkan berbagai fitur seru seperti filter dan sticker begitu populer dalam dua tahun terakhir. Snapchat sebagai salah satu yang bisa dikatakan sebagai pionir sukses membuat para pengembang ‘terinspirasi’ dan membuat fitur serupa.

Setelah Facebook melalui Instagram, Messenger, dan WhatsApp, serta aplikasi Path, kini Apple juga memperkenalkan aplikasi pesan video buatan mereka sendiri untuk perangkat iPhone dan iPad yang dinamakan ‘Clips’.

Melansir CNN, Clips merupakan aplikasi yang membantu pengguna iPhone dan iPad membuat video seperti halnya fitur Stories di Snapchat dan Instagram. Namun Clips tampil sedikit berbeda dengan menggabungkan konten foto atau video dengan musik.


Image source: Engadget

Video yang dihasilkan melalui Clips dapat segera diunggah ke beragam media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, atau Vimeo. Selain itu, video dari Clips juga bisa dibagikan aplikasi Messages yang ada di iOS 10.

"Clips menawarkan cara baru ke pengguna iPhone dan iPad untuk mengekspresikan dirinya lewat video, dan sangat mudah digunakan," ucap Susan Prescott, wakil presiden Apple untuk Apps Product Marketing dalam blog resmi mereka, Selasa (21/3).

Langkah ini dinilai untuk memaksimalkan aplikasi iMessage yang mengalami perombakan drastis di iOS 10. Hal ini diperkuat oleh basis pengguna iMessage yang cukup besar. Mengutip dari Reuters, setidaknya kini ada satu miliar perangkat dengan iOS yang beredar di pasar dan 79 persen di antaranya sudah iOS 10.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Apple juga mengklaim iMessage merupakan aplikasi paling umum digunakan di perangkat iOS, dengan perkiraan 800 juta pengguna. Dengan perhitungan demikian, Apple punya potensi besar bersaing dengan Snapchat yang punya 161 juta pengguna aktif harian atau Facebook Messenger yang digunakan lebih 1 miliar orang di seluruh dunia.

Salah satu fitur andalan yang ditawarkan di aplikasi Clips adalah Live Titles. Berbeda dengan Live Stories di Instagram, fitur ini memadukan foto dengan sekumpulan teks yang diterjemahkan dari rekaman suara. Alhasil tak pengguna Clips tak perlu mengetik caption di keyboard iPhone mereka. Apple menegaskan fitur ini baru bisa diperoleh oleh pengguna iOS 10 pada April nanti.

-----

Yuk, datang ke acara tahunan terbesar Dreamers.id, Dreamers Festival 2017, 1 April di Piazza Gandaria City, Jakarta Selatan! Menghadirkan penampilan dari Sheryl Sheinafia, Kevin and the Red Rose, 5Romeo, ICONS, Kandara, Stereo June, Zolder  dan masih banyak lagi.

Dreamers Festival 2017 juga akan diramaikan dengan Cover Dance dan Singing Cover, Fanbase Awards, Nobar Fanbase, Fashion Show by HijabKeren, Doorprize, dan lainnya. Untuk bisa mengikuti Doorprize, yuk daftarkan dirimu di www.dreamers.id/df2017. Acara ini GRATIS!

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio