Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Bukan Akibat Begadang atau Kekenyangan, Mungkin Ini Penyebab Sering Mengantuk di Kelas

08 Maret 2017 12:40 | 3480 hits

DREAMERS.ID - Rasa kantuk yang melanda di siang hari memang sangat menyebalkan, apalagi jika sedang berada di kelas dengan guru atau dosen killer. Sama halnya bagi para pekerja, rasa kantuk di siang hari membuat sulit berkonsentrasi dan bekerja pun tidak optimal.

Biasanya, kita akan menganggap kalau rasa kantuk tersebut diakibatkan begadang di malam sebelumnya atau makan terlalu banyak di jam makan siang. Tapi sebenarnya, ada satu hal yang mungkin jadi penyebab rasa kantuk itu lho.

Jika kamu melihat kondisi sekitar, perhatikan apakah ruang kelas atau kerja memiliki jendela atau ventilasi yang cukup untuk keluar masuknya udara. Keberadaan jendela atau ventilasi ternyata sangat mempengaruhi rasa kantuk yang timbul di siang hari.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Menurut para ilmuwan di Amerika, mereka mengungkapkan bahwa banyaknya karbondioksida di dalam ruangan akan berdampak pada kinerja otak. Akibatnya, tubuh akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi pada suatu hal.

Seperti yang diketahui, karbondioksida merupakan zat yang dikeluarkan tubuh saat bernapas. Nah jika semakin banyak orang dalam ruangan, maka semakin banyak pula karbondioksida di udara apalagi jika diperparah dengan tidak adanya saluran udara.

Jendela dan ventilasi yang banyak terdapat di ruangan tertutup bisa membantu kita untuk mendapatkan udara segar, sehingga bisa membuat kita lebih segar dan suplai oksigen tidak terganggu. Dengan begitu, kita tidak akan mengantuk alias selalu tetap segar.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio