Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Tawarkan Pemandangan Menakjubkan, Bukit di Kalimantan Ini Ternyata Sebuah Batu Raksasa!

26 Mei 2016 14:00 | 5167 hits

DREAMERS.ID - Kekayaan wisata Indonesia tidak akan pernah habis untuk dijelajahi. Ada pengalaman menarik tersendiri mengunjungi tempat-tempat tidak ramai yang belum terjamah namun jadi primadona sosial media dan tentu saja menawarkan pemandangan menakjubkan.

Kali ini wisata alam super indah berada di Kalimantan Barat bernama Bukit Kelam. Tidak seperti namanya, bukit yang satu ini sering diabadikan dari ketinggian dengan kemiringan yang cukup ekstrim. Di samping pemandangan indah, ternyata Bukit Kelam menyimpan banyak cerita menarik di baliknya.

Bukit yang terletak 20 Km dari Kota Sintang, Kalimantan Barat ini ternyata adalah sebongkah batu raksasa! Batu monolit ini begitu besar hingga sering disebut sebagai batu terbesar di dunia. Sayangnya, Bukit Kelam kalah pamor oleh lokasi serupa di Australia, yaitu Ayers Rock. Padahal, dimensi Ayers Rock sebenarnya lebih kecil dari Bukit Kelam.


Image source: Telusur Indonesia

Di sekelilingnya, Bukit Kelam memiliki air terjun yang dimanfaatkan penduduk sekitar untuk mengairi sawah. Dan jika beruntung, para wisatawan bisa melihat bunga Bnggrek Hitam yang sangat langka. Ataupun berkunjung ke goa alam yang menjadi sarang ribuan burung walet.

Melansir Telusur Indonesia, saat menanjak ke atas bukitnya dengan tangga ramping dan curam, pendaki kadang bisa menemukan kantong semar raksasa yang sering dijadikan warga lokal untuk menanak nasi!


Image source: Instagram/Ayo Dolan/Jerry Hinargo

Masih dianggap ‘perawan’ karena belum banyak terjamah wisatawan, Bukit Kelam juga belum dikemas dan dijaga dengan baik. Semoga saja Bukit Kelam mendapat perhatian lebih dari pihak yang berkepentingan agar tidak bernasib sama seperti namanya.  Jangan lupa untuk menjaga kelestariannya jika berkunjung ke sana ya, Dreamers! ^^

(rei) 

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio