Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Fujitsu Ciptakan Listrik dari Panas Tubuh

14 November 2011 10:45 | 1946 hits

Dreamers.co.id – Kemajuan teknologi manusia terus berkembang. Pada ajang  pameran teknologi CEATEC 2011 yang digelardi Jepang, dimanfaatkan oleh Fujitsu untuk menampilkan pengembangan teknologi yang sangat menarik, yakni Hybrid Power Generation Device.

Teknologi ini menggunakan perangkat  yang memanfaatkann pemanen energy, Dimana sebuah chip yang  ditempelkann pada kulit yang menyerap energi dari matahari dan panas tubuh dari penggunanya untuk dirubah.

Dikutip dari Tech Radar, Chip tersebut kemudian akan memanfaatkan proses tersebut untuk memonitor kesehatan tubuh si penggunanya dan mengirim balik data ke sistem monitoring. Chip ini merupakan chip mandiri pertama dari jenisnya yang dapat memanen energi, baik dari cahaya maupun panas.

Biasanya, dibutuhkan chip terpisah yakni sel surya dan beberapa elemen thermoelectric. Uniknya, chip yang dikembangkan Fujitsu boleh dibilang adalah perangkat hibrida yang merupakan gabungan dari keduanya.

Baca juga: akmu

Chip ini tidak dalam keadaan bekerja ketika kita menggunakannya. Tetapi Fujitsu menyatakan temuannya tersebut bisa menghasilkan 700 microwatt listrik dari energi yang dipanennya  dan itu artinya, tidak perlu baterai untuk membuatnya bekerja.

Dengan ukuran 5 x 5 centimeter chip ini dirancang  agar dapat menempel dengan tangan si penggunanya. Teknologi  belum cukup kuat  untuk memberikan daya bagi sebuah gadget. Pasalnya chip ini memang dirancang sebagai alat check up kesehatan bagi penggunanya.

Di CEATEC 2011, Fujitsu menjadi salah satu perusahaan yang mengisi celah di pasar teknologi untuk bidang kesehatan. Selain Fujitsu, operator telekomunikasi Jepang DoComo memamerkan casing smartphone yang bisa memonitor tingkat radiasi nuklir di lingkungan sekitar. (way)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio