Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Kiat Bikin Daging Kambing Empuk

04 November 2011 00:00 | 3349 hits
Dreamers.co.id – Bahan makanan yang  terbuat dari daging kambing memang membangkitkan selera makan.  Tapi yang  jadi masalah adalah bagaimana mengelola daging kambing agar pada saat dimakan dapat dirasakan dengan empuk.

Sebenarnya sangat mudah untuk membuat  tekstur daging menjadi empuk. Hal yang patut  Anda ketahui adalah, daging kambing jangan langsung diolah setelah disembelih. Karena tekstur daging cenderung lebih keras jika langsung dimasak.

“Air juga musuh utama daging kambing. Jadi, sebaiknya minimalisir kontak daging kambing dengan air. Jika memang ingin membersihkannya, bilas dengan air dingin," kata Chef Haryo, dalam acara Berbagi Kehangatan Masakan Kambing Bersama Kecap Bango di Rumah Maroko, Jakarta.

Kemudian, untuk mengurangi kadar airnya, bungkus saja daging kambing dengan handuk lalu simpan di kulkas dengan  suhu -100C  atau dalam keadaan beku. Trik ini menurut chef Haryo dapat membuat tekstur daging kambing jadi lebih empuk.

Cara Sederhana

Untuk cara yang lebih sederhana, Anda bisa mengandalkan daun pepaya. Kandungan enzim papain dalam daun pepaya adalah kunci untuk membuat daging lebih empuk. Cukup remas-remas daun pepaya pada daging dan diamkan selama sepuluh menit.

Jika Anda ingin memanfaatkan nanas untuk membuat daging lebih empuk, blender dan buatlah seperti jus. Lalu, balur pada daging kambing dan diamkan, namun jangan terlalu lama.

“Pastikan jangan terlalu lama mendiamkan daging kambing, jika Anda membalurinya dengan jus nanas. Itu karena daging bisa kehilangan teksturnya dan hancur,” jelas Chef Haryo.

Setelah itu, baru potong daging melawan serat dan sesuaikan dengan olahan masakan. Lalu, saat memasak, selalu gunakan api sedang agar bumbu dapat langsung  menyerap dengan sempurna. (way)

Baca juga: akmu

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio