Dreamland
>
Musik
>
Article

Apa yang Harus EXO Pelajari dari Shinhwa Soal Perilaku Ekstrem Sasaeng Fans?

07 Agustus 2013 14:00 | 5343 hits

DREAMERSRADIO.COM - Boyband rookie bentukan SM Entertainment, EXO kini tengah menjadi topik pemberitaan yang cukup hangat. Namun tak hanya pemberitaan positif mengenai musik yang mereka bawakan, berita negatif pun turut menghampiri EXO terkait perilaku ekstrem sasaeng fans nya baru-baru ini.

Baru-baru ini, perilaku berlebihan dan di luar batas wajar para fans untuk menunjukkan rasa cintanya kepada EXO pun turut menjadi sorotan, mulai dari menjadi fans penguntit, menginvasi privasi, hingga pelanggaran keamanan yang menyebabkan fandom EXO dilarang untuk mengikuti proses rekaman di SBS ‘Inkigayo’. Bagaimanapun juga, EXO bukanlah grup idola pertama yang memiliki fans esktrem seperti itu. Grup senior EXO lainnya, seperti H.O.T, TVXQ, dan Shinhwa pun pernah mengalami hal serupa.

Akhir-akhir ini, Shinhwa diketahui memiliki hubungan spesial dan saling menghormati satu sama lain dengan fandomnya. Yap, cara yang dilakukan Shinhwa sepertinya menjadi hal yang bisa ditiru oleh EXO, mengingat keduanya memiliki pengalaman yang sama mengenai fans sasaeng. Lalu, seperti apa membangun hubungan yang baik dengan fans a la Shinhwa?

Dalam jumpa fans perilisan album pertama Shinhwa, secara terang-terangan, Dongwan mengatakan kepada fans, “Shinhwa tak bertanggung jawab atas hidup kalian.” Pernyataan singkat yang kini menjadi sebuah quote terkenal dari Shinhwa tersebut pun menyebabkan Shinhwa sempat kehilangan fans yang tersinggung dengan ucapan Dongwan pasa saat itu.

Jika melihat ke belakang, sangat jelas terlihat bahwa fans sesungguhnya adalah mereka yang mencerna pernyataan Dongwan tersebut dengan hati yang tulus dan pikiran positif. Hal tersebut justru membuat Shinhwa hingga kini masih memiliki fandom terbesar di dunia k-pop yang hingga kini terus bertahan.

Baca juga: Baekhyun EXO Akan Berpartisipasi Dalam MLB World Tour 2024: Seoul Series

Beberapa tahun kemudian, beberapa fans Shinhwa kembali berperilaku di luar batas, hingga akhirnya sang leader, Eric kembali mengirim pesan kepada Shinhwa Changjo (sebutan fans Shinhwa) secara online pada Juli 2011. Eric mengungkapkan nasihatnya kepada para fans layaknya orang tua kepada anak-anaknya.

“Lewat televisi atau di atas panggung, Shinhwa ingin membuat sebuah cerita sendiri yang akan memberi pengaruh positif kepada fans.  Jadi tolong izinkan Shinhwa menjadi sukses. Kami akan memimpin kalian ke jalan yang benar, dan kami akan mencoba yang terbaik untuk memberikan kalian kebahagiaan seperti seorang penghibur ketika kalian merasa lelah.” Tulis Eric. Melihat ketulusan para member Shinhwa, banyak fans yang mulai menyadari kesalahan yang mereka lakukan dan akhirnya memilih untuk mencintai idola dengan cara yang tulus dan tak berlebihan.

Mungkin karena masih baru dan kesuksesannya bergantung pada penjualan album, EXO masih belum mampu seekspresif Shinhwa. Namun ada saat di mana EXO harus memberikan pesan seperti yang dilakukan Shinhwa kepada para fans sasaeng. Mungkin EXO akan kehilangan banyak penggemar ketika melakukan hal tersebut pada awalnya, namun di masa yang akan datang, EXO akan memiliki fans yang benar-benar fans sejati yang akan melakukan hal terbaik untuk EXO.

(ctr/kpopstarz)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio