Dreamland
>
Berita
>
Article

Wow, Kota Legenda Mesir yang Tenggelam di Temukan

30 April 2013 13:15 | 3350 hits

Mesir merupakan negara yang menyimpan peradaban masa lalu yang terkenal. Bahkan baru-baru ini para arkeolog berhasil menemukan dan merekontruksi kota tua yang tenggelam di dasar laut Mediterania sejak 1200 tahun lalu.

Kota bernama Heracleion itu ditemukan dalam bentuk puing-puing situs. Dalam eskavasinya, arkeolog menemukan 64 kapal yang terkubur di tanah liat tebal dan pasir di dasar laut. Kota yang berada tahun 8 masehi itu, juga ditemukan koin emas, dan perunggu yang menjadi alat tukar perdagangan.

Dilansir Telegraph, benda lain yang ditemukan adalah patung raksasa berukuran 16 kaki atau 4,8 meter, dengan beberapa patung dewa kecil lainnya. Arkeolog juga menemukan lempengan batu beraksara Yunani dan Mesir kuno. Benda-benda itu kemudian diangkat ke permukaan.

Para penyelam pun  menemukan puluhan kapur sarkofagus (tempat penyimpanan mayat). Keberadaan kapur ini diyakini mengandung mumi binatang, yang dibuat untuk sesaji bagi para dewa di masa itu.

Baca juga: Pemerintah Mesir Terjunkan Keturunan Firaun Demi Dongkrak Pariwisata

“Kota yang kami ekskavasi ini adalah kota besar. Situs ini telah terpelihara dengan luar biasa,” ungkap Dr Damian Robinson, Direktur Oxford Centre for Maritime Archaeology dari University of Oxford, yang merupakan bagian dari tim peneliti situs.

“Kami juga mendapatkan gambaran yang kaya tentang perdagangan yang terjadi dan sifat dari ekonomi maritim di periode akhir Mesir. Ada barang-barang yang datang dari Yunani dan Fenisia,” terangnya.

Temuan patung dewa dan kapal dalam jumlah yang banyak juga tak kalah menarik. Pasalnya, jumlah itu tergolong banyak dalam satu tempat. Mereka menemukan lebih dari 700 jangkar kuno. Peneliti bersama pembuat film dokumenter German TV telah merekonstruksi wujud kota legenda itu dalam bentuk tiga dimensi. Dan, pada pusat kota ini, terdapat kuil besar dewa Amun-Gereb, dewa tertinggi Mesir pada saat itu.

Hingga kini, para ilmuwan masih mendalami apa sebab kota ini terendam di dasar laut. Diperkirakan, kenaikan permukaan air laut secara bertahap menenggelamkan kota ini. Dan, seiring waktu, peradabannya kemudian pudar dalam catatan dan ingatan penduduk saat itu.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio